Friday, 15 December 2017

Pakaian kesukaan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah gamis dan larangan memakai pakaian syuhroh.

Pakaian kesukaan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah gamis dan larangan memakai pakaian syuhroh.

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ مُوسَى عَنْ عَبْدِ الْمُؤْمِنِ بْنِ خَالِدٍ الْحَنَفِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ كَانَ أَحَبُّ الثِّيَابِ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْقَمِيصَ

Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Musa berkata, telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Musa dari Abdul Mukmin bin Khalid Al Hanafi dari Abdullah bin Buraidah dari Ummu Salamah ia berkata, "Pakaian yang paling disukai oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah gamis." HR Abu Daud, 3507. Sahih

Ketahuilah bahwa memakai gamis adalah suatu yang disunnahkan. Ianya adalah pakaian yang disukai oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Gamis adalah pakaian yang lebih menutupi diri berbanding dengan pakaian yang dua pasang yaitu izar (pakaian bawah) dan rida’ (pakaian atas). Pakaian gamis hanyalah satu dan mengenakannya pun hanya sekali. Memakai gamis di sini lebih mudah dibandingkan menggunakan pakaian atas bawah secara berasingan. Pakaian yang dipakai secara berasingan adalah ianya dipakai bahagian seluar terlebih dahulu lalu memakai pakaian bahagian atas kemudiannya.Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri menyukai gamis karena lebih menutupi.

Namun begitu ada juga dikalangan para sahabat di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terkadang memakai pakaian atas dan bawah secara berasingan,iaitu seperti baju dan seluar.
Walaupun begitu menyerupai kebiasaan masyarakat(uruf) dalam soal berpakain dan juga hal-hal yang bukan keharaman adalah disunnahkan juga. Justeru itu menyalahi kebiasaan yang ada dalam masyarakat bererti menjadi hal yang syuhroh (suatu yang nampak berbeza) dan ianya mungkin akan terdedah kepada fitnah dan tohmahan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang berpakaian syuhroh. Jadi sesuatu yang menyelishi kebiasaan masyarakat setempat, itu terlarang dilakukan.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam,

مَنْ لَبِسَ ثَوْبَ شُهْرَةٍ أَلْبَسَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثَوْبًا مِثْلَهُ

“Barangsiapa memakai pakaian syuhroh, nescaya Allah akan memakaikan kepadanya pakaian semisal pada hari kiamat” HR Abu Daud dan Ibnu Majah. Hasan.

Berdasarkan keadaan ini apa yang disunnahkan juga adalah mengikuti kebiasaan masyarakat disesuatu tempat itu, lantas jika di negeri tersebut yang ada adalah memakai pakaian seperti itu, umpama pakaian atas dan bawah, maka itu juga merupakan bahagian dari sunnah. Jika mereka di negeri tersebut tidak mengenalnya bahkan tidak menyukainya, maka itu bukanlah sunnah.

No comments:

Post a Comment